Penggolongan Komputer

PENGOLONGAN KOMPUTER (KLASIFIKASI)

Komputer dapat diklafikasikan dalam beberapa sudut pandang

A. Berdasarkan data yang diolah. Komputer dapat digolongkan dalam 3 (tiga) golongan yaitu :

1. Komputer  Analog
Komputer yang digunakan untuk data yang sifatnya continue dan bukan data yang berbentuk angka, tetapi dalam bentuk fisik, seperti Arus Listrik, temperatus, kecepatan dll. Output dari jenis ini umumnya adalah pengaturan atau pengolahan suatu mesin. Komputer jenis ini banyak digunakan pada pembangkit listrik, rumah sakit dll.

Kelebihannya : kemampuan untuk menerima data dalam bentuk besaran fisik dan proses kerjanya lebih cepat dibandingkan dengan komputer digital.
Kekurangannya : Komputer Digital lebih tepat dibanding dengan komputer Analog.

2. Komputer  Digital
Komputer yang dapat menerima data dalam bentuk angka dan huruf. Komputer ini biasanya digunakan untuk  aplikasi Bisnis, Tehnik dll.

Kelebihannya :
– Pemproses data lebih tepat dibandingkan dengan komputer Analog.
– Dapat menyimpankan data selama masih dibutuhkan
– Dapat melakukan operasi Logika, misalnya membandingkan 2 nilai dan mencantumkan hasilnya, <, >, =, ≤, ≥
– Data yang telah disampaikan dapat diubah/ dihapus
– Outputnya berupa angka, huruf, gambar/grafik.

3. Komputer Hybrid
Komputer kombinasi Analog dengan Digital, komputer jenis ini mampu menyelesaikan, permasalahan lebih cepat. Tepat dibanding komputer Digital maupun Analog.

B. Berdasarkan Tujuan/Penggunaannya/Kegunaannya. Komputer dapat digolongkan menjadi:

1. Special Purpose Computer (Komputer untuk tujuan Khusus)
Komputer ini dirancang untuk menyelesaikan suatu masalah yang khusus, yang biasanya hanya pada suatu masalah saja, komputer ini dapat berupa  komputer Digital maupun Analog, akan  tetapi umumnya komputer Analog adalah Special Purpose computre (tidak memiliki media penyimpanan).

2. General Purpose  Computer (Komputer untuk tujuan umum)
Komputer yang dirancang untuk menyelesikan bermacam-macam masalah dan dapat mrnggunakan program-program bermacam-macam untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang berbeda.

C. Berdasarkan Ukurannya, komputer ini dapat digolongkan menjadi:

1. Komputer Mikro
Komputer jenis ini disebut juga dengan personal Computre (PC atau Komputer Pribadi)  atau Desk Top Computre (Komputer diatas meja)  Komputer Mikro umumnya adalah Single User (Pemakainya tunggal) yaitu satu komputer hanya dapat dipakai oleh satu pemakai saja untuk setiap saat. Komputer ini ukurannya sangat kecil  sehingga dapat diletakkan diatas meja.

2. Komputer Mini
Komputer Mini dapat bersipat Multi User (Banyak pemakai) yaitu satu komputer dapat mempunyai beberapa terminal yang dapat digunakan bersama oleh pemakai, sehingga banyak terminal yang dihubungkan dengan komputer mini. Tipe-tipe terminal dapat diletakkan ditempat yang terpisah yang dihubungkan dengan komputer pusat.

3. Small Komputer (Kecil)
Komputer jenis ini disebut juga dengan Small Mainframe computer. Komputer jenis ini telah digunakan sistem multi Programming atau Processing serta multi User dengan jumlah terminal sampai ratusan buah.

4. Medium Komputer (Menengah)
Komputer jenis ini disebut juga dengan Medium Mainframe dan biasanya digunakan untuk kompunikasi dengan ratusan terminal, yang terpisah dari komputer pusatnya. Hal ini dapat diterapkan untuk Distributed Data Processing Sistem yaitu selain terminal  dapat berhubungan dengan komputer pusat, dapat juga mengolah data sendiri-sendiri.

5. Large Komputer (Besar)
Disebut dengan mainframe  Computre, komputer jenis ini ukurannya besar, sebesar lemari, karena kecepatannya dan besarnya kapasitas memory memungkinkan secara efektif menerapkan time sharing, sistem jenis ini ratusan pemakai dapat mengunakan komputer ini secara serentak  dari masing-masing terminalnya dapat dapat digunakan pada waktu/saat yang bersamaan.

6. Super Komputer
Komputer jenis ini hampir sama dengan komputer Main Frame perbedaannya yaitu Super Komputer lebih efektif dalam menerapkan Time Sharing Sistem yang dapat melayani ribuan pemakai atau terminal dalam waktu yang bersamaan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*