Mengenal Lebih Dalam Komponen-komponen Hardware/Perangkat Keras

Komponen Hardware atau dalam bahasa sehari hari dengan perangkat keras yaitu komponen yang secara fisik  dapat di lihat dan di di sentuh serta dapat di gunaka. komponen komponen di dalam nya yaitu :

  • Motherboard – Komponen yang berupa papan sirkuit (Terminal Sirkuit ) dengan fungsi sebagai terminal induk yang menghubungkan berbagai jenis komponen elektornik lain dari yang satu dengan lain seperti processor, video card, sound card, harddisk, dan masih banyak lagi.
  • VGA atau Video Graphic Adapter – Sebuah perangkat keras yang berfungsi untuk mengolah data grafis sebelum data tersebut ditampilkan ke dalam monitor.
  • Memory merupakan alat yang berfungsi sebagai media penyimpanan Sementara data pada komputer. Memori ini tebagi atas dua macam, yaitu Read Only Memory (ROM) dan Random Access Memory (RAM).
  • RAM ( Random Acces Memory) – Memory yang dapat di akses secara random (acak). RAM juga berfungsi sebagai penyimpanan sementara terhapada program yang sedang kita jalankan pada saat komputer itu sedang kita gunakan. pada saat komputer mati dan kita belum menimpan data yang sedang dikerjakan maka data tersebut akan hilang. sebagai bahan pertimbangan ketika kita sedang mengerjakan sebuah ketikan ada baik nya kita simpan terlebih dahulu pada harddis (Drive D, E) atau juga dengan media flash disk.
  • ROM – Memory yang hanya dapat di baca, tidak dapat di hapus dan sudah di isi oleh pabrik pembuat komputer (Tidak bisa di setting kembali). Perintah pada ROM sebagian akan di pindahkan ke RAM. Perintah yang ada di ROM antara lain : Perintah untuk membaca Sistem Operasi dari disk,  Perintah untuk mengecek semua peralatan yang ada di Unit Sistem, Perintah untuk menampilkan pesan di layar.
  • Lan Card (Local Area Network Card) – Berfungsi untuk menghubungkan antara satu komputer dengan komputer lainnya dan juga di gunakan sebagai penghubung pada layanan suatu jaringan.
  • Sound Card – Sebuah komponen yang dapat mengenluarkan audio atau secara sederhana nya sebagai pengubung perangkat tambhana pada speaker mauapun headset agar dapat mengeluarkan suara audio.
  • Power Suplay – Bertugas sebagai pemsok arus listrik kepada komponen – komponen yang terpasang pada motherboard pada suatu komputer dan juga mengatur aliran listrik di dalam nya.
  • Prosesor – Dikenal dengan nama Central Prosesing Unit merupakan pusat utama pada  komputer  yaitu sebagai otak utama dalam suatu komputer serta sebagai sirkuit elektronik  secara logik merespon dan mengolah segala intruksi yang menghidupkan komputer.
  • Kipas dan Heatshing – Sama sama bertugas sebagai pengatur suhu pendingin di dalam komponen yang terpasang pada motherboard. Kipas ini biasa terpasang pada prosesor dan menempel pada heatsing dan ada pula yang heathing terpisah di antara kedua nya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*