Cara Membuat Password Aman untuk Internet / Komputer

password

Cara Membuat Password Aman untuk Internet / Komputer

Password merupakan sistem kunci keamanan yang digunakan untuk membuka dan mengakses informasi. Umumnya informasi yang bersifat rahasia maupun tersimpan dikomputer atau internet. Andai ketika kamu membuat email, anda pasti menggunakan password untuk bisa mengakses data data anda.

Seperti yang sudah diketahui banyak orang, bahwa windows juga menyediakan password untuk user account. Hal ini untuk melindungi informasi berharga milik kita.Password merupakan alat yang penting dan sifatnya harus sangat rahasia. Namun, saat ini banyak pengguna komputer maupun internet yang membuat password dengan tingkat keamanan yang sangat rendah. Seperti, membuat password menggunakan nama depan, nama belakang, tanggal lahir, nomor HP, tempat lahir, hobi, dan lain-lain.

Beberapa dari kita mugkin masih mencatat passwordnya di tempat seperti kertas, file text, atau file word. Walupun memudahkan kita dalam mengingat password tersebut, tetapi jika file tersebut terbaca oleh orang lain, maka akan membahayakan akun yang kita miliki. Untuk itu, berikut tips dan trik membuat password yang aman. Baik untuk internet maupun komputer.

1. Membuat Password dengan Tool online

Ada banyak pembuat password yang bertebaran di internet. Karena berbasis web, kamu bisa membukanya dari browser dengan mudah. Dalam tips kali ini, kita akan menggunakan password generator dari Password Chart.
– Buka halaman web passwordsgenerator.net (new tab)
– Silahkan masukkan jumlah karakter yang kamu mau. Semakin panjang, semakin bagus.
– Centang tipe karakter yang kamu mau.
– Jika sudah, klik generate secure password.

2. Informasi Pribadi

Jangan gunakan informasi pribadi kamu, Atau informasi yang berkaitan dengan diri kamu. Karena Para hacker akan mencari tau nama kita, anak, istri, alamat tinggal, umur, tanggal lahir, orang tua dan lain sebagainya. Selain itu, biasanya hacker akan mengkombinasikan beberapa data tersebut untuk mencoba membuka akun kita.

3. Kata Dalam Kamus

Salah satu teknik yang sering digunakan oleh hacker yaitu teknik menebak dengan software otomatis yang memadukan kata-kata. Biasanya kata-kata tersebut terdapat didalam kamus yang disebut dengan ‘Wordlist’. Jaman sekarang, bukan hal sulit bagi komputer dalam melakukan ini. Komputer sekarang mampu “mengenumerasi” alternatif ribuat kata secara cepat. Oleh karena itu, untuk agar password kita tidak bisa dibobol dengan cara ini, sebaiknya jangan gunakan kata-kata yang umum. Atau kata-kata yang ada didalam kamus.

4. Gunakan Manajemen Password

Bagi kita yang sering lupa password, tool ini merupakan pilihan yang tepat bagi kita. Karena password-password yang kita buat terlalu sulit untuk diingat, maka perlu sebuah aplikasi yang memanajemen password tersebut kedalam satu tempat.

– Bagi anda pengguna Android bisa men download nya disini. (new tab )
– Bagi anda pengguna Windows bisa men download softwarenya disini. ( new tab )
– Untuk pengguna Linux Ubuntu bisa install dari terminal :

5. Gunakan Password Berbeda-beda

Gunakan password yang berbeda pada tiap aplikasi. Contoh : kamu punya password Yahoo!, maka gunakan password lain untuk layanan Gmail.

6. Ganti Password secara berkala

Jika sanggup, ganti password kamu tiap selang waktu tertentu. Misalnya 6 bulan sekali atau kurang. Jangan juga untuk memakan password yang sama dengan sebelumnya. memang sih, kita pastinya agak kurang nyaman dengan password yang baru, tapi seiring waktu pasti kita bakalan terbiasa dengan password yang baru.

7. Menggunakan Huruf Depan Kalimat

Daripada anda mencoba mengingat password yang diciptakan dengan rumit, ada baiknya kamu membuat password dari kalimat panjang, terus mengambil huruf-huruf depannya. Contohnya nih : jika kita hobi dengan pelajaran biologi kita bisa membuat kalimat seperti : “Tumbuhan Menghasilkan Oksigen Dari Sinar Matahari”. Maka password nya = TMOD5M. Pasti gak ada yang bisa nebak dengan mudah.

8. Ingat Password dengan Baik

Walaupun password anda secanggih dan sesulit apapun, pastikan kamu mengingat password tersebut dengan baik. Kalo bisa diluar kepala :).  Jangan sampai kamu membuat password dengan tinggat kesulita tinggi

Demikianlah Membuat Password yang aman untuk komputer dan Internet, semoga bermanfaat dan terima kasih 🙂

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*