Cara Ampuh Menghapus virus di Komputer Tanpa Aplikasi Antivirus

virus-komputer

virus-komputer

Cara Ampuh Menghapus virus di Komputer Tanpa Aplikasi Antivirus

Setiap Komputer yang terkonek dengan internet pasti memiliki masalah, dan masalah yang paling sering ditemukan adalah virus pada komputer. Ya, ketika komputer atau gadget kita terserang virus, itu merupakan mimpi buruk yang menjadi kenyataan. Pasalnya, hal ini mungkin dapat menghilangkan data data penting anda serta sistem operasi yang kamu jalankan.

Dari sekian Banyak orang, untuk menghilangkan virus dari komputer pasti menggunakan software aplikasi antivirus, nah pernah tidak kamu bayangkan bagaimana kalau menghilangkan virus dari komputer tidak menggunakan software. berikut ini akan kami jelaskan bagaimana menghilangkan virus tanpa menggunakan aplikasi anti virus.

1. Gunakan Command Prompt

Menggunakan Command Prompt menjadi cara menghilangkan virus di komputer tanpa antivirus pertama yang Jaka berikan ke kamu. Ingat, baca sebaik mungkin agar tidak terjadi kesalahan dalam waktu pelaksanaannya, mengerti?
Anti Virus
– Pertama, klik Start, dan ketik cmd. Jika ketemu, jangan main klik aja. Kamu harus klik kanan untuk menjalankan sebagai administrator. Jadi, Run as administrator.
Anti Virus1
– Misalkan, yang mau kamu tuju adalah drive D, maka ketik dir D: attrib -s -h /s /d . dan tekan enter. Jika kamu ingin memeriksa drive selain D, maka kamu tinggal ganti saja ya huruf D dengan lokasi drive yang kamu punya.
Anti Virus2
– Setelah kamu melakukan itu, maka command prompt akan mengeksplorasi drive yang dipilih dan memuat semua file pada drive tersebut.
Anti Virus3
– Kemudian, cari file yang tidak biasa dengan format .EXE, yang sekiranya kamu nggak pernah install sebelumnya, hapus melalui command prompt ini.
Anti Virus4
– Jika tidak bisa dihapus, kamu bisa search sendiri di Run, dan hapus file tersebut. Kamu juga bisa menggunakan REGEDIT yaitu dengan cara Start > Run > Regedit > Edit > Find > masukkan nama file virus yang kamu temukan di command prompt, dan hapus semua registry yang ada termasuk foldernya sekalipun.

2. Nonaktifkan Layanan Mencurigakan Melalui Task Manager

Selanjutnya, jika kamu masih penasaran apakah komputer kamu mengidap sebuah virus atau tidak, kamu bisa melihatnya di task manager. Bingung kan, kenapa bisa menggunakan task manager. Ok langsung saja Jaka kasih tahu cara menghilangkan virus di komputer tanpa antivirus yang sangat ampuh ini.

– Pertama, buka task manager dengan menekan CTRL + SHIFT + ESCAPE. Lihat, jika ada layanan yang mencurigakan, matikan itu.
Anti Virus5
– Kemudian, jalankan MSConfig.
Anti Virus6
– Langkah berikutnya, setelah masuk System Configuration, masuklah ke opsi Service. Kamu harus menghapus semua kolom centang yang mencurigakan buat kamu. Pikirkan, apa saja yang pernah kamu install, sehingga kamu tahu apakah ada layanan tersebut berhubungan dengan apa yang kamu install atau tidak.
Anti Virus7
– Setelah itu, masuk ke Startup. Di sini kamu akan melihat mana file yang sangat menurut kamu itu mencurigakan. Tandai itu.
Anti Virus8
– Sekarang, buka command prompt, kemudian cari file dengan nama yang mencurigakan itu. Hapus file tersebut melalui CMD, sama seperti cara pertama.

Demikianlah informasi mengenai cara menghilangkan virus pada komputer tanpa aplikasi antivirus, semoga berguna dan bermanfaat ya. Terima kasih.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*