Kabar Gembira!!, Prosesor Qualcomm Snapdragon Bisa Jalankan Windows 10

 

Kabar Gembira!!, Prosesor Qualcomm Snapdragon Bisa Jalankan Windows 10

Kabar Gembira datang dari Pecinta dunia teknologi, dimana Qualcomm telah bekerja sama dengan Microsoft untuk membuat prosesor Snapdragon dapat menjalankan Windows 10 tahun depan. Dua perusahaan besar ini telah menemukan jalan untuk menjalankan Windows 10 x86 di prosesor dengan arsitektur ARM seperti Snapdragon melalui emulasi. Sebenarnya menjalankan sistem operasi Windows di prosesor ARM bukanlah hal yang baru.

Sebelumnya perusahaan Microsoft telah merilis sistem operasi Windows RT yang didesain khusus untuk bekerja di prosesor dengan arsitektur ARM. Sayangnya, pengembangan Windows RT ini tidak sinkron dengan Windows x86. Windows RT sendiri tidak dapat menjalankan apliksi berbasis x86 seperti yang diharapkan banyak orang.

Belum lama ini di ajang WinHEC, kedua perusahaan tersebut menampilkan Windows 10 x64 yang tengah menjalankan aplikasi Adobe Photoshop. Hebatnya, sistem tersebut dijalankan oleh prosesor Qualcomm Snapdragon melalui emulasi. Sayangnya, tak disebutkan dengan jelas Snapdragon seri apa yang digunakan.

Ini menjadi harapan baru bagi pengguna komputasi mobile. Selama ini prosesor berbasis ARM menawarkan konsumsi daya yang jauh lebih efisien dari x86 dan panas yang dihasilkan pun jauh lebih kecil. Ada kemungkinan Microsoft akan menghadirkan Surface Phone menggunakan teknologi ini, seperti yang dilansir dari GSM Arena (08/12/2016).

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*